You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Logo Desa Santua
Logo Desa Santua
Santua

Kec. Barangin, Kota. Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat

Struktur PPID Desa Santur

admin 11 Februari 2021 Dibaca 1.992 Kali
Struktur PPID Desa Santur

Sistem Informasi Desa Santur - Kamis, 11-02-2021.

Struktur PPID Desa Santur

I. Pengertian PPID Desa

PPID Desa (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Desa) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang pelayanan informasi publik desa, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. PPID Desa bertugas untuk mengelola, mendokumentasikan, menyimpan, menyediakan, dan/atau memberikan pelayanan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat desa.

II. Struktur Organisasi PPID Desa Santur

Berikut struktur organisasi PPID Desa Santur:

No

Jabatan dalam Pemerintahan Desa

Peran dalam PPID

1.

Kepala Desa

Pembina PPID

2.

Sekretaris Desa

Koordinator PPID

3.

Operator Sistem Informasi Desa

Tim Teknis PPID (Pengelola Website/Media Informasi dan Dokumentasi)

4.

Kasi Pemerintahan

Anggota PPID (Bidang Data Pemerintahan)

5.

Kasi Pelayanan

Anggota PPID (Bidang Layanan Publik)

6.

Kasi Kesejahteran

Anggota PPID (Bidang Kesejahteraan)

7.

Kaur Umum dan TU

Anggota PPID (Bidang Dokumentasi dan Arsip)

8.

Kaur Keuangan

Anggota PPID (Bidang Keuangan dan Transparansi Anggaran)

9.

Kaur Perencanaan

Anggota PPID (Bidang Informasi Pembangunan)

 

III. Penutup

Struktur PPID Desa Santur bertujuan untuk mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik yang transparan dan akuntabel, serta memberikan pelayanan informasi yang maksimal kepada masyarakat. Diharapkan dengan adanya PPID, masyarakat lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa. (*ss)

Bagikan Artikel Ini
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBD 2025 Pelaksanaan

APBD 2025 Pendapatan

APBD 2025 Pembelanjaan